Ada 6 macam teori manajemen diantaranya :
1. Aliran Klasik : Aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya. Perhatian dan kemampuan manajemen dibutuhkan pada penerapan fungsi-fungsi tersebut.
2. Aliran Perilaku : Aliran ini sering disebut juga aliran manajemen hubungan manusia. Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek manusia dan perlunya manajemen memahami manusia.
3. Aliran Manajemen Ilmiah : Aliran ini menggunakan matematika dan ilmu statistika untuk mengembangkan teorinya. Menurut aliran ini, pendekatan kuantitatif merupakan sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah manajemen.
4. Aliran Analisis Sistem : Aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalah yang berhubungan dengan bidang lain untuk mengembangkan teorinya.
5. Aliran Manajemen Berdasarkan Hasil : Aliran manajemen berdasarkan hasil diperkenalkan pertama kali ole Peter Drucker pada awal 1950-an. Aliran ini memfokuskan pada pemikiran hasil-hasil yang dicapai bukannya pada interaksi kegiatan karyawan.
6. Aliran Manajemen Mutu : Aliran manejemen mutu memfokuskan pemikiran pada usaha-usaha untuk mencapai kepuasan pelanggan atau konsumen.
elemen manajemen terdiri dari:Man,Money,Material,Market,Machine,Method.
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat didalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
Fungsi-fungsi manajemen dijelaskan dalam bebrapa point dibawah ini:
1. Louis Allen
- Planning (merencanakan)
- Organizing (menyusun)
- Leadering (memimpin)
- Controlling (mengawasi/meneliti)
- Planning (perencanaan)
- Organizing (pengorganisasian)
- Staffing (penyusunan pegawai)
- Directing (pengarahan)
- Leadering (memimpin)
- Controlling (pengendalian)
- Planning (perencanaan)
- Organizing (pengorganisasian)
- Staffing (penyusunan pegawai)
- Directing (pengarahan)
- Coordinating (pengkoordinasian)
- Reporting (pembuatan laporan)
- Budgeting (penganggaran)
- Planning (perencanaan)
- Organizing (pengorganisasian)
- Actuating (pelaksanaan)
- Controlling (pengendalian)
1. Planning termasuk Budgeting
Dalam setiap pendapat dari para penulis diatas selalu menyebutkan tentang planning atau perenanaan. Tentulah hal ini pun memiliki alasan tertentu. Alasannya adalah perencanaan sangatlah penting dalam suatu pengorganisasian . Itu artinya pengorganisasian sesuatu hal akan sangat tidak efisien jika tidak adanya perencanaan terlebih dahulu.
Definisi dari perencanaan sendiri adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Dan tambahan untuk fungsi perencanaan adalah sudah termasuknya fungsi pengaturan budget.
Oleh karenanya lebih tepat bila perencanaan atau planning dirumuskan sebagai penetapan tujuan,policy,prosedur,budget dan program dari suatu organisasi. Jadi dengan fungsi planning termasuk budgeting yang dimaksudkan fungsi manajemen dalam menetapkan tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi,menetapkan peraturan-peraturan dan pedoman-pedoman pelaksanaan yang harus dituruti dan menetapkan ikhtisar biaya yang diperlukan dan pemasukan uang yang diharapkan akan diperoleh dari rangkaian tindakan yang akan dilakukan.
2. Organizing
Tidaklah lengkap jika membicarakan tentang manajemen tapi tidak menyinggung tentang organizing atau organisasi. Organizing dimaksudkan untuk mengelompokkan kegiatan sesuai dengan tingkat keperluannya,yakni penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi dari setiap unit yang ada dalam organisasi,serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan antara masing-masing unit tersebut.
Organisasi atau pengorganisasian dapat pula dirumuskan sebagai keseluruhan aktivitas dimanajemen dalam mengelompokkan orang-orang beserta dengan penetapan tugas,fungsi,wewenang,serta tanggung jawab masing-masing dengan tujuan terciptanya aktivitas yang berdaya guna dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dalam perencanaannya.
3.Staffing atau Assembling Resources
Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja,pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga petugas memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
Organizing dan Staffing merupakan dua fungsi manajemen yang sangat erat hubungannya.Organizing yaitu berupa penyusunan wadah legal untuk menampung berbagai kegiatan yang harus dilaksanakan pada suatu organisasi,sedangkan staffing berhubungan dengan penerapan orang-orang yang akan memangku masing-masing jabatan yang ada dalam organisasi tersebut.
4. Leadering
Istilah leadering merupakan salah satu fungsi manajemen sebagai pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer yang menyebabkan orang lain bertindak. Pekerjaan leadering,meliputi lima macam kegiatan,yakni:
- Mengambil keputusan,
- Mengadakan komunikasi,
- Memberi semangat,inspirasi,dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak,
- Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya,
- Memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawhaan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5. Controlling
Controlling atau pengawasan,sering juga disebut pengendalian ke bagian yang lebih rendah pangkatnya adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian,bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud mencapai tujuan yang sudah digariskan semulanya.
6. Directing atau Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan,saran,perintah atau intruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing,agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
Directing atau Commanding merupakan fungsi manajemen yang dapat berfungsi bukan saja agar pegawai melaksanakan atau tidak melaksanakan suatu kegiatan,tetapi dapat pula berfungsi mengkoordinasikan kegiatan berbagai unsur organisasi agar efektif tertuju kepada realisasi tujuan yang ditetapkan sebelumnya.
Dengan adanya manajemen itu penting sekali dalam kehidupan sehari-hari. Semua kegiatan harus bisa diatur. Dengan adanya manajemen, semua kegiatan kita bisa terlaksana sebagaimana mestinya. Karena sudah ada susunannya, jadi kegiatan kita tidak akan berantakan. jadi sesuai dengan apa yang sudah disusun dan ada patokan untuk melaksanakan kegiatan yang telah kita rencanakan itu.
Sebagaimana kita mengetahui fungsi dan tujuan dari manajemen yaitu untuk mengatur,menyusun sumber daya supaya lebih efektif dan efisien. Efektif berarti tugas yang ada dicapai sesuai dengan perencanaan,sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar,terorganisir dan sesuai dengan jadwal.
bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari tapi dalam berorganisasi manajemen juga sangat berperan penting.
Dengan manajemen kita diajarkan bagaimana cara memanage suatu pekerjaan dan waktu secara efisien dan efektif.
Sumber : http://pratamafahmi.blogspot.com/2011/01/penerapan-manajemen-dalam-kehidupan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen sumber daya manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar