Senin, 18 Juni 2012

Kepemimpinan

Tahukah anda apakah itu kepemimpinan? Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi perilaku seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu pada situasi tertentu.


Faktor-faktor penting yang terdapat dalam pengertian kepemimpinan :


  • Pendayagunaan pengaruh
  • Hubungan antar manusia
  • Proses komunikasi dan
  • Pencapaian suatu tujuan
Setelah ini saya akan menjelaskan tentang tipe-tipe dan teori dari kepemimpinan:

Tipe- Tipe Kepemimpinan
Ada enam tipe kepemimpinan yang diakui keberadaannya secara luas.
1) Tipe pemimpin Otokratis
Yaitu seorang pemimpin yang otokratis adalah seorang pemimpin yang:
• Menganggap organisasi sebagai milik pribadi
• Mengidentikan tujuan pribadi dengan tujuan organisasi
• Menganggap bawahan sebagai alat semata- mata
• Tidak mau menerima kritik, saran, dan pendapat
• Terlalu bergantung kepada kekuasaan formalnya
• Dalam tindakan penggerakannya sering mempergunakan pendekatan yang mengandung unsur paksaan dan punitif (bersifat menghukum)
2) Tipe Militeristis
Yaitu seorang pemimpin yang bertipe militeristis adalah seorang pemimpin yang memiliki sifat- sifat:
• Sering mempergunakan sistem perintah dalam menggerakkan bawahannya

• Senang bergantung pada pangkat dan jabatan dalam menggerakkan bawahannya
• Senang kepada formalitas yang berlebih- lebihan
• Menuntut disiplin yang tinggi dan kaku dari bawahan
• Sukar menerima kritikkan dari bawahan
• Menggemari upacara- upacara untuk berbagai acara dan keadaan
3) Tipe Paternalistis
Yaitu seorang pemimpin yang:
• Menganggap bawahannya sebagai manusia yang tidak dewasa

• Bersikap terlalu melindungi
• Jarang memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk mengambil keputusan dan inisiatif
• Jarang memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk mengembangkan daya kreasi dan fantasinya.
• Sering bersikap maha tahu
4) Tipe Kharismatis
Hingga kini para pakar belum berhasil menemukan sebab- sebab mengapa seorang pemimpin memiliki kharisma, yang diketahui adalah bahwa pemimpin yang demikian mempunyai daya tarik yang amat besar dan karenanya pada umumnya mempunyai pengikut yang jumlahnya sangat besar. Karena kurangnya pengetahuan tentang sebab musabab seorang menjadi pemimpin yang kharismatis, maka sering dikatakan bahwa pemimpin yang demikian diberkahi dengan kekuatan gaib (supernatural powers).
5) Tipe Laissez Faire
Yaitu seorang yang bersifat:
• Dalam memimpin organisasi biasanya mempunyai sikap yang permisif, dalam arti bahwa para anggota organisasi boleh saja bertindak sesuai dengan keyakinan dan hati nurani, asal kepentingan bersama tetap terjaga dan tujuan organisai tetap tercapai.

• Organisasi akan berjalan lancar dengan sendirinya karena para anggota organisasi terdiri dari orang- orang yang sudah dewasa yang mengetahui apa yang menjadi tujuan organisasi, sasaran yang dicapai, dan tugas yang harus dilaksanakan oleh masing- masing anggota.
• Seorang pemimpin yang tidak terlalu sering melakukan intervensi dalam kehidupan organisasional.
• Seorang pemimpin yang memiliki peranan pasif dan membiarkan organisasi berjalan dengan sendirinya
6) Tipe Demokratis
Yaitu tipe yang bersifat:
• Dalam proses penggerakkan bawahan selalu bertitik tolak dari pendapat bahwa manusia adalah makhluk termulia di dunia
• Selalu berusaha mensinkronisasikan kepentingan dan tujuan organisasi dengan kepentingan dan tujuan pribadi dari para bawahannya
• Senang menerima saran, pendapat bahkan kritik dari bawahannya
• Selalu berusaha untuk menjadikan bawahannya lebih sukses dari padanya.
• Selalu berusaha mengutamakan kerjasama dan kerja tim dalam usaha mencapai tujuan
• Berusaha mengembangkan kapasitas diri pribadinya sebagai pemimpin
• Para bawahannya dilibatkan secara aktif dalam menentukan nasib sendiri melalui peran sertanya dalam proses pengambilan keputusan.


Teori Kepemimpinan

Model Kepemimpinan Kontingensi
Hubungan antara pemimpin dan bawahan menjelaskan sejauh mana pemimpin itu dipercaya dan disukai oleh bawahan dan kemauan bawahan untuk mengikuti petunjuk pemimpin. Struktur tugas menjelaskan sejauh mana tugas-tugas dalam organisasi didefinisikan secara jelas dan sampai sejauh mana definisi tugas-tugas tersebut dilengkapi dengan petunjuk yang rinci dan prosedur yang baku.
    Supportive Leadership (menunjukkan perhatian terhadap kesejahteraan bawahan dan menciptakan iklim kerja yang bersahabat),Directive Leadership (mengarahkan bawahan untuk bekerja sesuai dengan pengaturan,prosedur dan petunjuk yang ada),Participative Leadership (konsultasi dengan bawahan dalam pengambilan keputusan) dan Achievemen-Oriented Leadership (menentukan tujuan organisasi yang menantang dan menekankan perlunya kinerja yang memuaskan).


    Teori Kepemimpinan Vroom dan Yetton

    Ada 3 (tiga) mitos yang berkembang di masyarakat,yaitu mitos the Birthright,the For All-Seasons, dan the Intensity. Mitos The Birthright berpandangan bahwa pemimpin itu dilahirkan bukan dihasilkan (dididik). Mitos ini berbahaya bagi perkembangan regenerasi pemimpin karena yang dipandang pantas menjadi pemimpin adalah orang yang memang darisananya dilahirkan sebagai pemimpin. Mitos the For All-Seasons berpandangan bahwa sekali orang itu menjadi pemimpin selamanya dia akan menjadi pemimpin yang berhasil.Pada kenyataanya keberhasilan seorang pemimpinpada satu situasi dan kondisi tertentu belum tentu sama dengan situasi dan kondisi lainya. Mitos the Intensity berpandangan bahwa seorang pemimpin harus bisa bersikap tegas dan galak karena pekerja itu pada dasarnya baru akan bekerja jika didorong dengan cara yang keras.


    Secara umum atribut personal atau karakter yang harus ada atau melekat pada diri seorang pemimpin adalah :
    1. Mumpuni,artinya memiliki kapasitas dan kapabilitas yang lebih baik daripada orang-orang yang dipimpinnya.
    2. Juara,artinya memiliki prestasi baik akademik maupun non-akademik yang lebih baik daripada orang-orang yang dipimpinnya.
    3. Tanggung Jawab,artinya memiliki kemampuan dan kemauan bertanggung jawab yang lebih tinggi dibandingkan orang-orang yang dipimpinnya.
    4. Aktif,artinya memiliki kemampuan dan kemauan berpartisipasi sosial dan melakukan sosialisasi ecara aktif lebih baik dibandingkan orang-orang yang dipimpinnya.
    Path Goal Theory
    Dasar teori ini adalah bahwa merupakan tugas pemimpin untuk membantu anggotanya dalam mencapai tujuan mereka dan untuk memberi arah dan dukungan atas keduanya yang dibutuhkan untuk menjamin tujuan mereka sesuai dengan tujuan kelompok atau organisasi secara keseluruhan. Istilah path goal ini datang dari keyakinan bahw pemimpin yang efektif memperjelas jalur untuk membantu anggotanya dari awal sampai ke pencapaian tujuan mereka,dan menciptakan penelusuran di sepanjang jalur yang lebih mudah dengan mengurangi hambatan dan pitfalls
    Model path goal menganjurkan bahwa kepemimpinan terdii dari dua fungsi dasar

    1. Fungsi pertama : memberi kejelasan alur
    2. Fungsi kedua : meningkatkan jumlah hail bawahannya
    Empat perbedaan gaya kepemimpinan dijelaskan dalam model path-goal sebagai berikut
    1. Kepemimpinan Pengarah (Directive Leadership)
    Pemimpin memberitahukan kepada bawahan apa yang diharapkan dari mereka,memberitahukan jadwal kerja yang harus disesuaikan dan standar kerja,serta memberikan bimbingan/arahan secara spesifik tentang cara-cara menyelesaikan tugas tersebut,termasuk didalamnya aspek perecanaan,organisasi,koordinasi dan pengawasan.
    2.Kepemimpinan Pendukung (Supportive Leadership)
    Pemimpin bersifat ramah dan menunjukkan kepedulian akan kebutuhan bawahan.Ia juga memperlakukan semua bawahan sama dan menunjukkan tentag keberadaan mereka,status,dan kebutuhan-kebutuhan pribadi,sebagai usaha untuk mengembangkan hubungan interpersonal yang menyenangkan di antaranya anggota kelompok.
    3. Kepemimpinan Partisipatif (Participative Leadership)
    Pemimpin partisipatif berkonsultasi dengan bawahan dan menggunakan saran-saran dan ide mereka sebelum mengambil suatu keputusan. Kepemimpinan partisipatif dapat meningkatkan motivasi kerja bawahan.
    4.Kepemimpinan Berorientasi Prestasi (Achievement Oriented Leadership)
    Gaya kepemimpinan dimana pemimpin menetapkan tujuan yang menantang dan mengharapkan bawahan untuk berprestasi semaksimal mungkin serta terus menerus mencari pengembangan prestasi dalam proses pencapaian tujuan tersebut.

    Model kepemimpinan path-goal berusaha meramalkan efektivitas kepemimpinan dalam berbagai situasi.Menurut model ini, pemimpin menjadi efektif karena pengaruh motivasi mereka yang positif, kemampuan untuk melaksanakan, dan kepuasan pengikutnya. 

    Tokoh Pemimpin yang menjadi idola saya adalah Fidel Castro
    Ini adalah sekilas dari biografinya



    Fidel Alejandro Castro Ruz (lahir 13 Agustus 1926) adalah Presiden Kuba sejak 1976 hingga 2008. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Perdana Menteri atas penunjukannya pada Februari 1959 setelah tampil sebagai komandan revolusi yang gagal Presiden Dewan Negara merangkap jabatan sebagai Dewan Menteri Fulgencio Batista pada tahun 1976. Castro tampil sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Kuba (Communist Party of Cuba) pada tahun 1965 dan mentransformasikan Kuba ke dalam republik sosialis satu-partai. Setelah tampil sebagai presiden, ia tampil sebagai komandan Militer Kuba. Pada 31 Juli 2006, Castro menyerahkan jabatan kepresidenannya kepada adiknya, Raúl untuk beberapa waktu.


    Pada tahun 1947, ia ikut dalam upaya kudeta diktator Republik Dominika Rafael Trujillo dan lari ke New York (Amerika Serikat) karena adanya ancaman akan dihabisi lawan politiknya. Setelah meraih doktor di bidang hukum pada 1950, ia memprotes dan memimpin gerakan bawah tanah anti-pemerintah atas pengambil-alihan kekuasaan lewat kudeta oleh Fulgencio Batista pada 1952. Tahun 1953, ia memimpin serangan ke barak militer Moncada Santiago de Cuba, namun gagal. Sebanyak 69 orang dari 111 orang yang ambil bagian dalam serbuan itu tewas dan ia dipenjara selama 15 tahun.

    Setelah mendapatkan pengampunan dan dibebaskan pada 15 Mei 1955,






                 http://latansablog.wordpress.com/2011/11/24/tipe-tipe-kepemimpinan/
                 http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/03/biografi-fidel-castro.html

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Manchester United