Jumat, 24 Januari 2014

4.4. Siklus Keuangan

Siklus Keuangan adalah kejadian yang berkaitan dengan perolehan dan manajemen dana modal termasuk kas.
Siklus Keuangan mempunyai tujuan khusus yaitu perencanaan dan pengawasan, data penjualan dan konsumen, pengendaliaan ketersediaan dan menyediakan informasi tentang kas, penjualan dan konsumen.

Siklus ini mencakup kegiatan untuk mendapatkan laba dari investor dan kreditor dan membayar mereka kembali. Siklus ini merupakan pelaporan keuangan berupa prosedur pencatatan dan perekaman ke jurnal dan buku besar dan pencetakan laporan-laporan keuangan yang datanya diambil dari buku besar.


Akuntansi pada dasarnya terdiri dari tiga proses aktivitas yaitu : mengidentifikasi, mencatat dan mengkomunikasikan kejadian ekonomi dari sebuah organisasi atau perusahaan. Proses pertama adalah identifikasi, yaitu aktivitas memilih kegiatan yang termasuk kegiatan ekonomi. Proses kedua adalah pencatatan, yaitu semua kejadian ekonomi tersebut dicatat untuk menyediakan sejarah dari kegiatan keuangan dari organisasi tersebut. Proses ketiga adalah komunikasi, yaitu informasi yang telah didapat dari identifikasi dan pencatatan tidak akan berguna bila tidak dikomunikasikan, informasi ini dikomunikasikan melalui persiapan dan distribusi dari laporan akuntansi, yang paling umum disebut laporan keuangan.Siklus akuntansi adalah tahapan kegiatan yang dilalui dalam melaksanakan kegiatan akuntansi. Proses tersebut berjalan terus menerus dan berulang kembali sehingga merupakan suatu siklus.

Contoh Gambar Siklus Keuangan


Siklus Keuangan mempunyai tujuan khusus yaitu perencanaan dan pengawasan, data penjualan dan konsumen, pengendaliaan ketersediaan dan menyediakan informasi tentang kas, penjualan dan konsumen.

Siklus Keuangan terdiri dari :
  1. Jurnal Pemasukan.
  2. Jurnal Buku Besar.
  3. Neraca
  4. Laporan Rugi/Laba
  5. Dan lain-lain.
Siklus Akuntansi dapat dilihat dari 2 (dua) sudut pandang yaitu: Fungsi dan Kegunaan, Akuntansi merupakan aktivitas jasa yang berfungsi memberikan informasi kuantitatif mengenai kesatuan-kesatuan ekonomi terutama yang bersifat keuangan yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

Proses Kegiatan, Akuntansi adalah seni mencatat, mengklasifikasi dan mengikhtisarkan transaksi-ttransaksi kejadian yang sekurang-kurangnya atau sebagaian bersifat keuangan dengan cara menginterpretasikan hasil-hasilnya. Akuntansi dan Tata Buku Akuntansi lebih luas dari Tata Buku sebab Tata Buku hanyalah pencatatan secara sistimatis transaksi/kejadian yang dinyatakan dengan nilai uang. 

Sumber : http://dillahexclusive.blogspot.com/2012/10/siklus-keuangan.html
                http://kartikayuniarsita.blogspot.com/2011/12/siklus-keuangan.html
                http://jwigie.blogspot.com/2011/10/siklus-siklus-dalam-sistem-informasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manchester United