Minggu, 29 Desember 2013

3.6.Pengertian Pengendalian Intern (Versi COSO)

COSO adalah singkatan dari Comitte of Sponsoring Organization of treadway Commision, yaitu suatu inisiatif dari sektor swasta yang dibentuk pada tahun 1985 .
 Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan penggelapan laporan keuangan dan membuat rekomendai untuk pengendalian, standar, dan kriteria internal yang dapat digunakan perusahaan untuk menilai sistem pengendalian mereka .
Sistem pengendalian internal merupakan suatu proses yang melibatkan dewan komisaris , manajemen , dan personil lain , yang dirancang untuk memberikan keyakinan memadai tentang pencapaian tiga tujuan berikut ini :


  • Efektivitas dan efisiensi operasi .
  • Keandalan pelaporan keuangan .
  • Kepetuhan kerhadap hukum dan peraturan yang berlaku) . 
COSO disponsori dan didanai oleh 5 asosiasi dan lembaga akuntansi profesional, antara lain : American Institute of Certified Public Accountant (AICPA) , American Accounting Association (AAA) , Financial Excecutives Institute (FEI) , The Institute of Internal Auditor (IIA) dan The Institute of Management Accountant (IMA) .
Meskipun disponsori oleh 5 profesional association, pada dasarnya komisi ini bersifat independen dan orang-orang yang berada didalamnya berasal dari berbagai kalangan : industri , akuntan publik , bursa efek , dan investor .

Model COSO adalah salah satu model pengendalian internal yan banyak digunakan oleh para auditor sebagai dasar untuk mengevaluasi , dan mengembangkan pengendalian internal . Menurut model COSO , internal control adalah suatu proses , melibatkan seluruh anggota organisasi , dan memiliki tiga tujuan utama, yaitu efektifitas dan efisiensi operasi , mendorong kehandalan laporan keuangan , dan dipatuhinya hukum dan peraturan yang ada .
COSO memandang pengendalian internal merupakan rangkaian tindakan yang mencakup keseluruhan proses dalam organisasi. Pengendalian internal berada dalam proses manajemen dasar, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan .

Sumber : http://keuanganlsm.com/definisi-pengendalian-internal-versi-coso/
                http://zainabmustaqimah.blogspot.com/2013/01/pengendalian-internal-coso-dan-cobit.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manchester United