Pengertian Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi.struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan(koordinasi).Elemen Struktur Organisasi
Ada enam elemen kunci yang perlu diperhatikan oleh para manajer ketika hendak mendesain struktur,antara lain:
- Spesialisasi pekerjaan. Sejauh mana tugas-tugas dalam organisasi dibagi-bagi ke dalam beberapa pekerjaan tersendiri.
- Departementalisasi. Dasar yang dipakai untuk mengelompokkan pekerjaan secara bersama-sama. Departementalisasi dapat berupa proses,produk,geografi, dan pelanggan.
- Rantai komando. Garis wewenang yang tanpa putus yang membentang dari puncak organisasi ke eselon paling bawah dan menjelaskan siapa bertanggung jawab kepada siapa.
- Rentang kendali. Jumlah bawahan yang dapat diarahkan oleh seorang manajer secara efisien dan efektif.
- Sentralisasi dan Desentralisasi. Sentralisasi mengacu pada sejauh mana tingkat pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik di dalam organisasi. Desentralisasi adalah lawan dari sentralisasi.
- Formalisasi. Sejauh mana pekerjaan-pekerjaan di dalam organisasi dibakukan.
Desain Organisasi Yang Umum
Struktur sederhana adalah sebuah struktur yang dicirikan dengan kadar departementalisasi yang rendah,rentang kendali yang luas,wewenang yang terpusat pada seseorang saja,dan sedikit formalisasi.Struktur sederhana paling banyak dipraktikkan dalam usaha-usaha kecil dimana manajer dan pemilik adalah orang yang satu dan sama.
Birokrasi
Birokrasi adalah sebuah struktur dengan tugas-tugas operasi yang sangat rutin yang dicapai melalui spesialisasi,aturan dan ketentuan yang sangat formal,tugas-tugas yang dikelompokkan kedalam berbagai departemen fungsional,wewenang terpusat, rentang kendali yang sempit,dan pengambilan keputusan yang mengikuti rantai komando.
Struktur Matriks
Struktur matriks adalah sebuah struktur yang menciptakan garis wewenang ganda dan menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk. Struktur matriks dapat ditemukan di agen-agen periklanan,perusahaan pesawat terbang,laboratorium penelitian dan pengembangan,perusahaan konstruksi,rumah sakit,lembaga-lembaga pemerintah,universitas,perusahaan konsultan manajemen dan perusahaan hiburan.
Desain Struktur Organisasi Modern
Struktur Tim
Struktur tim adalah pemanfaatan tim sebagai perangkat sentral untuk mengoordinasikan kegiatan-kegiatan kerja.
Organisasi Virtual
Organisasi virtual adalah organisasi inti kecil yang menyubkontrakkan fungsi-fungsi utama bisnis secara detail.
Organisasi Nirbatas
Organisasi nirbatas adalah sebuah organisasi yang berusaha menghapuskan rantai komando,memiliki rentang kendali tak terbatas,dan mengganti departemen dengan tim yang diberdayakan.
Model Desain Struktur Organisasi
- Model mekanistis,yaitu sebuah struktur yang dicirikan oleh departementalisasi yang luas,formalisasi yang tinggi,jaringan informasi yang terbatas,dan sentralisasi.
- Model Organik,yaitu sebuah struktur yang rata,menggunakan tim lintas hierarki dan lintas fungsi,memiliki formalisasi yang rendah,memiliki jaringan informasi yang komprehensif,dan mengandalkan pengambilan keputusan secara partisipatif.
- Model Piramid,model ini dibuat persis sebuah piramida.
- Model Horizontal,model ini dibuat dengan menarik garis lurus secara horizontal dengan pembagian fungsional masing-masing bersama tugasnya masing-masing.
Sebagian organisasi terstruktur pada garis yang lebih mekanistis sedangkan sebagian yang lain mengikuti karakteristik organiks.Berikut adalah faktor-faktor utama yang diidenfikasi menjadi penyebab atau penentu struktur suatu organisasi.
- Strategi
- Ukuran Organisasi
- Teknologi
- Lingkungan
Dan ini adalah contoh dari struktur organisasi yang saya buat,saya menggunakan contoh struktur organisasi suatu himpunan mahasiswa
Ketua Umum :dia bertugas memimpin organisasi di Himpunan Mahasiswa dana mempunyai hak untuk mengambil keputusan.
Wakil Ketua Umum : dia bertugas menggantikan dan membantu tugas ketua umum jika ketua umumnya mengalami kesulitan dan ketidakhadiran disuatu rapat atau acara.
Sekretaris Umum : dia bertugas mendokumentasikan dan mengarsipkan segala kegiatan di Himpunan.
Bendahara Umum : dia bertugas mengatur segala pemasukan dan pengeluaran dari Himpunan tersebut.
Koordinator wilayah 1 : dia bertugas mengatur dan memberikan info kepada anggota di Wilayah 1.
Koordinator wilayah 2 : tugasnya hampir sama dengan koordinator wilayah 1 hanya saja dia bertugas di wilayah 2.
Humas : Dia yang mengantarkan surat dan memberi kabar kepada anggota.
Bagian Akademis : Dia yang memimpin segala divisi dan melaporkannya kepada Ketua Umum.
Divisi Pemrograman : Divisi ini mengajarkan pemrograman kepada para anggotanya.
Divisi Multimedia : Divisi ini mengajarkan tentang cara membuat aplikasi multimedia.
Divisi Jaringan : Divisi ini mengajarkan cara dan bagaimana jaringan disuatu tempat atau perusahaan bisa dikendalikan.
.
Divisi Web & Database : Divisi ini mengajarkan cara membuat web dan database.
Divisi Operasi Sistem : Divisi ini mengajarkan bagaimana cara mengolah suatu operasi sistem.
Sekian blog saya kali ini jika ada kesalahan mohon dimaafkan.
Sekian terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar