Jumat, 24 Januari 2014

4.1. Siklus Pendapatan

Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berlangsung dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut.
Siklus Pendapatan merupakan prosedur pendapatan dimulai dari bagian penjualan otorisasi kredit, pengambilan barang, penerimaan barang, penagihan sampai dengan penerimaan kas.

Aktivitas Bisnis Siklus Pendapatan
Empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan adalah :
 1. Penerimaan pesanan dari para pelanggan
  • Mengambil pesanan pelanggan.
  •  Persetujuan kredit.
  •  Memeriksa ketersediaan persediaan.
  •  Menjawab permintaan pelanggan.
2. Pengiriman barang
  • Ambil dan pak pesanan.
  • Kirim pesanan.
3. Penagihan dan piutang usaha
  • Penagihan.
  • Pemeliharaan data piutang usaha.
  • Pengecualian : Penyesuaian rekening dan penghapusan.
4. Penagihan kas
  • Menangani kiriman uang pelanggan.
  • Menyimpannya ke bank.
Tujuan utama siklus pendapatan adalah menyediakan produk yang tepat di tempat dan waktu yang tepat dengan harga yang sesuai.
Tujuan - tujuan lainnya :
  1. Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar.
  2.  Semua transaksi yang dicatat valid (benar-benar terjadi).
  3. Semua transaksi yang valid dan disahkan telah dicatat.
  4. Semua transaksi dicatat dengan akurat.
  5. Aset dijaga dari kehilangan ataupun pencurian.
  6.  Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif.
Ancaman dan Pengendalian dalam Siklus Pendapatan

Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan dan Model Data 
SIA didesain untuk mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data kegiatan bisnis agar manajemen mendapatkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan. 

Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan

1. Data Operasional
Data operasional dibutuhkan untuk mengawasi kinerja dan untuk melakukan tugas-tugas rutin berikut ini :
  • Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan.
  • Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak.
  • Menentukan ketersediaan persediaan.
  • Memilih metode untuk mengirim barang.
2. Informasi Sekarang dan Masa Lalu
Informasi yang lampau dan yang saat ini diperlukan agar menajemen dapat membuat keputusan strategis berikut ini :
  • Menentukan harga produk dan jasa.
  • Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi.
  • Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkan.
  • Menentukan kebutuhan pinjaman jangka pendek.
  • Merencanakan kampanye pemasaran yang baru.
3. Penilaian Kinerja
SIA juga harus menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja proses yang penting berikut ini :
  • Waktu respons terhadap pertanyaan pelanggan.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan.
  • Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang.
  • Tingkat dan trend kepuasan pelanggan.
  • Analisis pangsa pasar dan tren penjualan.
  • Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan.
  • Volume penjualan dalam dolar dan jumlah pelanggan.
  • Keefektifan iklan dan promosi.
  • Kinerja staf penjualan.
  • Pengeluaran piutang ragu-ragu dan kebijakan kredit.
Model Data Siklus Pendapatan


Sumber : http://candrasadut.blogspot.com/2013/01/siklus-pendapatan-penjualan-dan.html
               http://dwiisti-dwiistiyan.blogspot.com/2013/01/siklus-pendapatan.html
               http://nanienuneno.blogspot.com/2010/11/siklus-pendapatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manchester United