Selasa, 08 Mei 2012

Search Engine Optimalization

Tips and Trick
Search Engine Optimalization(SEO)

Belajar SEO sangat umum dan sering sekali mendengar kata itu,tetapi apa sih sebenarnya yang harus dipelajari agar bisa cepat menguasai teknik-tekniknya SEO?

1. Basic Format
Langsung saja,format dasar SEO sebenarnya terletak di: Title/Judul Halaman, Meta, yang dibagi menjadi dua yakni meta keyword dan meta description. Sedangkan di Body yang perlu diperhatikan adalah penulisan heading (<H1>,<H2>,<H3>) dan seterusnya,karenapenulisan heading sangat berpengaruh dalam proses SEO. Sebaiknya gunakan heading dengan 'bijak',yakni <H1> sebaiknya untuk judul utama, <H2> untuk sub menu dan seterusnya. Pengaruhnya lumayan dahsyat dan hasilnya pun optimal.Hanya dengan menerapkan basic format ini,saya kira semua syarat dari search engine sudah terpenuhi. Memang akan ada banyak lagi yang harus dikerjakan,tapi yang penting basicnya kita harus benar dahulu.

2.Pemilihan Keyword
Tahap ini sebenarnya tahap yang paling sulit,karena ditahap ini anda akan mendapatkan tantangan besar untuk menentukan keyword. Pakai saja yang gratis,yakni Tools yang dipakai Google adword,karena tools itu bisa memberikan hasil yang optimal.Tips untuk memilih keyword yakni jangan menggunakan keyword yang sedang populer dan banyak siperebutkan,sebaiknya hindari itu daripada anda akan cepat putus asa.

3.Backlink dan Blog Walking
Ini yang penting.Saya perlu menjelaskan ini lebih rinci karena pasti anda sudah tahu tentang ini. Intinya bagaimana web anda bisa dilink oleh web lain yang topiknya sejenis kalau bisa,tapi kalau tidak juga tidak apa-apa. Dari pengalaman yang saya lihat selama ini link yang tidak setopik memang kurang diminati,tetapi cukup untuk menambah poin untuk meningkatkan pagerank. Demikian juga dengan blog walking,yakni dengan memberikan komentar yang tentunya baik dan relevan dengan topik di sejumlah blog dengan harapan mendapatkan tautan balik ke web kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manchester United